Belajar Golang: Program Pertama

Halo Gophers, setelah tahap instalasi Go selesai dilakukan, kini kita akan membuat program dengan Go. Program pertama yang akan dibuat adalah aplikasi sederhana untuk menampilkan tulisan Hello World, ini semacam aplikasi klasik yang menjadi tradisi tidak tertulis di dunia pemrograman hehehe.

Tutorial ini akan menjelaskan tahapan membuat program dari awal, meliputi load GOPATH ke editor Atom (Anda dapat menggunakan editor lainnya seperti Sublime Text, Brackets, Visual Code, atau lainnya), menyiapkan folder proyek, menyiapkan file program (untuk penulisan program atau coding), menjalankan program, dan penjelasan kode program.

Load GOPATH ke Editor Atom

Langkah ini bertujuan untuk memudahkan kita melakukan maintain proyek-proyek Golang. Langkah yang harus dilakukan adalah:

  1. Buka editor Atom.
  2. Klik menu File > Add Project Folder… Cari lokasi folder GOPATH Anda, punya saya folder Golang. Setelah itu klik tombol OK.
  3. Seluruh subfolder GOPATH akan terbuka di Atom.

MENYIAPKAN FOLDER PROYEK

Langkah ini bertujuan untuk menyiapkan folder proyek untuk keperluan pembuatan program selama kita belajar Go. Buat direktori baru dalam $GOPATH/src dengan nama folder yang Anda sesuaikan dengan kebutuhan (untuk saya membuat direktori dengan nama belajar-golang).

Anda dapat membuat direktori belajar-golang menggunakan perintah mkdir jika menggunakan terminal, melalui files / explorer, atau melalui editor Atom. Cara terakhir merupakan yang paling mudah. Berikut langkah-langkah membuat direktori melalui Atom.

  1. Klik kanan di folder src, pilih menu New Folder.
  2. Ketik nama direktori belajar-golang dan tekan Enter.
  3. Direktori sudah berhasil dibuat.

MENYIAPKAN FILE PROGRAM

Saatnya menulis kode program pada sebuah file dengan bahasa Go. File tersebut harus disimpan dengan ekstensi .go. Kita perlu menyiapkan file dengan nama hello-world.go yang disimpan di dalam folder $GOPATH/src/belajar-golang.

  1. Klik kanan pada folder belajar-golang dan pilih menu New File.
  2. Ketikkan nama file-nya hello-world.go, kemudian tekan Enter. File sudah berhasil dibuat.
  3. Ketikkan kode program berikut ini:

MENJALANKAN PROGRAM

Untuk menjalankan program, Anda harus masuk ke direktori $GOPATH/src/belajar-golang terlebih dahulu. Kemudian jalankan perintah go run diikuti dengan nama file-nya.

Selain itu, ada cara lainnya dengan mem-build program terlebih dahulu menjadi binary (executable) menggunakan perintah go build . Setelah itu baru menjalankan program binary tersebut.

Selamat program pertama Anda telah berhasil berjalan dengan baik.

PENJELASAN KODE PROGRAM

Berikut adalah penjelasan dari kode program pertama yang telah kita buat sebelumnya.

Baris 1 – 4 dan baris 11 adalah komentar. Komentar digunakan untuk menyisipkan catatan pada kode program, bisa berupa informasi kapan program dibuat dan siapa yang membuatnya, penjelasan dari suatu blok kode, atau menonaktifkan kode yang tidak digunakan. Komentar ini nantinya akan diabaikan oleh compiler. Terdapat 2 cara penulisan komentar, yaitu multiline dan inline.

  • Komentar multiline (baris 1 – 4) digunakan untuk menulis komentar yang cukup panjang, sehingga lebih rapi dan mudah dibaca. Penulisannya di awali dengan tanda /* dan di akhiri */.
  • Komentar inline (baris 11) digunakan untuk menulis komentar dalam satu baris pesan saja. Penulisannya di awali dengan tanda // (double slash).

Baris 6 adalah package. Setiap file program harus memiliki package, minimal ada satu file dengan package bernama main. File yang memiliki package main, akan di eksekusi pertama kali ketika program dijalankan.

Baris 8 adalah keyword import. Import digunakan untuk meng-include package lain ke dalam file program. Tujuannya untuk memanfaatkan isi dari package tersebut. Pada kode program, package yang kita import adalah fmt, merupakan package bawaan Golang yang berisikan banyak fungsi untuk I/O teks.

Baris 10 adalah fungsi main. Fungsi ini akan dipanggil pertama kali pada saat eksekusi program. Harus ada file program yang berisikan fungsi main ini pada sebuah proyek.

Baris 12 adalah adalah fungsi fmt.println. Fungsi ini digunakan untuk menampilkan teks ke layar. Penulisannya menunjukkan bahwa fungsi println berada dalam package fmt, itu sebabnya pada baris 8 package fmt harus di-import terlebih dahulu. Tulisan Hello World – Azuwir Azzurri adalah keluaran dari fungsi ini.

Oke Gophers, sampai di sini dulu, semoga bermanfaat 🙂

Salam, Azuwir Azzurri

Referensi:

  1. Noval Agung, ebook “Dasar Pemrograman Golang”
  2. https://gobyexample.com/hello-world

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *