Node.js: Node Package Manager (NPM)

nodejsHalo semuanya, ketemu lagi di artikel lanjutan belajar NodeJS. Kali ini saya akan membahas tentang Node Package Manager atau biasa disingkat sebagai NPM. NPM memiliki dua fungsi utama, yaitu sebagai repositori online yang berisi banyak package atau module untuk aplikasi NodeJS dan yang kedua adalah sebuah utilitas baris perintah (command line) yang digunakan untuk menginstal paket-paket yang dibutuhkan dan juga untuk mengelola versi dan ketergantungan package dari NodeJS. Dengan NPM Anda akan mudah mencari, menginstal, uninstall aplikasi atau module/package Node.js.

NPM secara fungsi memiliki kemiripan dengan composer untuk PHP, pip untuk Python, apt untuk Debian / Ubuntu, yum untuk Fedora, mvn untuk Java dan lain sebagainya.

NPM sudah di-bundle dalam instalasi NodeJS, jika belum melakukan instalasi NodeJS Anda dapat melihat artikel saya sebelumnya yaitu Belajar Node.js yang sudah terdapat langkah-langkah instalasi NodeJS dan NPM baik di Windows maupun di Ubuntu Linux. Untuk mengetahui versi NPM yang sudah terinstal, gunakan perintah:

npm -v

Jika Anda berkeinginan untuk memperbaharui versi NPM yang terbaru, Anda dapat menggunakan perintah:

sudo npm install npm -g

INSTALASI MODULE

Salah satu fungsi utama NPM adalah sebagai alat (tools) untuk melakukan instalasi modul (module) dari repositori Node. Terdapat dua tipe instalasi, yaitu instalasi global dan lokal.

1. Instalasi Global

Pada tipe instalasi global, semua modul / paket diinstal di direktori bawaan dari NodeJS yang berada di /usr/lib/node_modules.

Jika Anda menginstal modul dengan opsi global maka modul tersebut dapat Anda gunakan di command line interface milik Node, akan tetapi tidak dapat digunakan untuk disertakan di proyek Anda menggunakan kata kunci “require()”

Perintah untuk instalasi modul melalui NPM dengan opsi global adalah (harus root):

sudo npm install module_name -g

Untuk mengecek daftar nama modul / paket yang udah diinstal dengan opsi global, gunakan perintah:

npm ls -g

2. Instalasi Lokal

Secara default, Node.js selalu memberikan opsi dalam mode instalasi lokal. Instalasi lokal akan menempatkan modul / paket yang kita instal di direktori proyek yang kita buat.

Anda dapat menyertakan (meng-include) modul / paket yang diinstal dalam mode lokal ke direktori proyek menggunakan kata kunci “require()”

Perintah untuk instalasi lokal modul melalui NPM adalah:

npm install module_name

Sebagai contoh, Anda ingin menginstal module ExpressJS, gunakan perintah:

npm install express

UNINSTALL MODULE

Setelah melakukan instalasi modul / paket, adakalanya kita akan menghapus atau meng-uninstal modul / paket dari proyek Node kita. Gunakan perintah berikut:

npm uninstall module_name -g // untuk paket yang diinstal secara global

npm uninstall module_name // untuk paket yang diinstal secara lokal

Selesai sudah tutorial NPM ini, insya Allah di lain waktu akan kita lanjutkan dengan pembahasan yang berbeda. Thanks sudah menyempatkan membaca artikel ini 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *